Mampu Serap Seluruh Aspirasi Rakyat, Masyarakat Papua Antusias Sambut Ganjar - Informasi Aceh

Selasa, 21 November 2023

Mampu Serap Seluruh Aspirasi Rakyat, Masyarakat Papua Antusias Sambut Ganjar

PAPUA — Ribuan masyarakat Papua sangat antusias dalam menyambut kedatangan Ganjar Pranowo hingga sambutan tersebut juga dilakukan dengan cara adat oleh para tokoh dan masyarakat. Hal tersebut lantaran mereka menilai sosoknya mampu menyerap seluruh aspirasi rakyat.

Bahkan, sejak kedatangannya di Bandar Udara Domine Eduard Osok di Kota Sorong, Provinsi Papua Barat Daya, Capres nomor urut tiga itu langsung disambut dengan sangat antusias oleh seluruh warga.

Penyambutan tersebut diiringi pula dengan tarian oleh anak-anak muda disertai dengan seni tambur Suling Tambur, termasuk Ganjar Pranowo disematkan mahkota khas Papua sebagai simbol penyatuan pemikiran yang sama dengan masyarakat.

Masyarakat dan seluruh relawan yang menyambutnya di bandara turut meneriakkan ‘Ganjar Presiden 2024’.

"Pak Ganjar, Pak Ganjar. Ganjar Presiden, Ganjar Presiden," sorak ribuan warga di bandara.

Dalam kunjungannya di Sorong, Ganjar Pranowo juga mendengarkan keluhan dari warga Suku Kokoda mengenai rumah yang tidak layak huni hingga bagaimana pendidikan anak di Bumi Cenderawasih.

"Kami banyak mendapatkan masukan, rumah tidak layak huni, terkait pendidikan dan anak yang sudah lulus tapi tidak bekerja. Kita melihat sendiri, mendengarkan sendiri dan merasakan sendiri," katanya.

Adanya aspirasi tersebut kemudian sangat diterima oleh pemimpin berambut putih itu dan dirinya mengaku akan turut terlibat dalam merumuskan permasalahan yang dihadapi oleh warga Kokoda.

Ganjar Pranowo menyebutkan bahwa dirinya akan mencari solusi akan penyelesaian aspirasi tersebut dalam bentuk program kerja jangka pendek.

Menurut pasangan Mahfud MD dalam Pilpres 2024 mendatang tersebut, memang warga Kokoda membutuhkan adanya perhatian khusus.

"Mungkin nanti kita carikan solusi yang jangka pendek, tapi yang sifatnya program yah nanti tentu setelah ini selesai. Di sini, butuh perhatian yang perlu diselesaikan," ungkap Ganjar.

Pada kesempatan itu, Kader PDI Perjuangan tersebut juga memuji bagaimana kehidupan masyarakat Kokoda yang harmonis meski berbeda keyakinan.

"Saya sebenarnya pengen semuanya (dikunjungi) dan saya sering berkunjung ke Papua, tapi kali ini saya ingin mengunjungi beberapa daerah yang belum pernah saya kunjungi, tadi saya ke Manokwari sekarang ke Sorong,” ungkap Ganjar.

“Saya belum pernah ke daerah seperti ini dan saya terima kasih sudah diantar ke sini dan menarik untuk mengingatkan diri saya. Kehidupan masyarakat yang berbeda Agama sangat luar biasa sekali di sini," pungkasnya.

Sementara itu, tatkala mengunjungi Manokwari, Papua Barat, mantan Gubernur Jateng dua periode itu turut didoakan di Pulau Mansinam Distrik Manokwari Timur oleh masyarakat.

Para pemuka agama setempat mendoakan Ganjar Pranowo.

"Kegiatan ini merupakan kunjungan khusus atas koordinasi Badan Pimpinan Pusat (BPP) PAGAMA," ujar Agustinus Matuti, Ketua PAGAMA PB.

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda