Jadi Pasangan Ideal, Jaringan Santri Tapal Kuda Jatim Dukung Ganjar-Mahfud - Informasi Aceh

Rabu, 29 November 2023

Jadi Pasangan Ideal, Jaringan Santri Tapal Kuda Jatim Dukung Ganjar-Mahfud


JAWA TIMUR — Jaringan Santri Tapal Kuda Jawa Timur (Jatim) mendeklarasikan dukungan penuh mereka untuk pasangan Ganjar-Mahfud. Mereka juga menitipkan persoalan akan penegakan hukum dan peningkatan kesejahteraan masyarakat bawah pada paslon tersebut.

Sebagai informasi bahwa Jaringan Santri Nasional Tapal Kuda sendiri merupakan kumpulan dari jaringan santri di berbagai wilayah di Jawa Timur seperti Jember, Situbondo, Banyuwangi, Lumajang hingga Bondowoso.

Deklarasi tersebut dihadiri langsung oleh Wakil Ketua Koordinator Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar-Mahfud, TGB HM Zainul Majdi.

Dirinya mengapresiasi tinggi adanya dukungan dari JSN untuk pasangan calon nomor urut tiga itu dan menurutnya adanya dukungan dari kalangan pesantren merupakan angin segar.

"Lima Kabupaten ini kan punya kultur santri yang sangat kuat. Dan ketika para santri mendeklarasikan diri mendukung paslon nomor urut 3 Ganjar-Mahfud, ini menunjukkan bahwa Jaringan Santri memiliki pandangan yang sama," kata TGB.

Menurut mantan Gubernur NTB dua periode tersebut bahwa memang Jaringan Santri Tapal Kuda sendiri memiliki kegelisahan yang sama dengan pasangan Ganjar-Mahfud, yakni mengenai penegakan hukum dan kesejahteraan masyarakat bawah.

"Mereka (Jaringan Santri Nasional Tapal Kuda) merasa bahwa harapan mereka dapat disalurkan melalui Ganjar-Mahfud sebagai calon pemimpin Indonesia ke depan," ujarnya.

Ketua Harian Nasional Partai Perindo itu juga menjelaskan bahwa kegelisahan dari para santri mengenai penegakan hukum serta kesejahteraan masyarakat memang sejak awal sudah menjadi fokus dari Ganjar Pranowo dan Mahfud MD.

"Memang salah satu konsen dari beliau-beliau (Ganjar-Mahfud) adalah bagaimana katakanlah penegakkan hukum terus ditingkatkan, kesejahteraan yang merata,” kata TGB.

"Baik di kalangan bawah bukan di atas saja, tapi bagaimana program itu dapat didistribusikan dengan baik. Dan harapan tersebut diberikan kepada pasangan Ganjar-Mahfud," imbuhnya.

Koordinator Jaringan Santri Tapal Kuda Jember, KH. Fathullah menyatakan bahwa para santri sangat siap untuk bergerak langsung ke masyarakat dalam memenangkan kedua tokoh bangsa tersebut.

"Bismillahirrahmanirrahim. Kami, Jaringan Santri Nasional Tapal Kuda dengan ini mendeklarasikan diri kami akan mendukung penuh pasangan Ganjar-Mahfud pada Pilpres 2024," katanya.

Bukan hanya di Jawa Timur saja, namun para ulama hingga kyai pimpinan Ponpes di Sukabumi dan Cianjur yang tergabung ke dalam Jaringan Ahlussunah Wal Jamaah Indonesia juga menilai bahwa pasangan Ganjar-Mahfud mampu membangkitkan ekonomi kerakyatan.

Lebih lanjut, mereka juga sangat yakin bahwa duet yang diusung oleh koalisi PDI Perjuangan tersebut mampu memperkuat penegakan hukum di Indonesia.

“Kami harapkan ekonomi makin maju, kemudian penegakan hukum juga lebih kuat agar warga masyarakat terbantu,” kata KH Kamaludin.



Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda