Dekat dengan Anak Muda, Forum Pemuda Sumbar Tegak Lurus Dukung Ganjar-Mahfud - Informasi Aceh

Selasa, 14 November 2023

Dekat dengan Anak Muda, Forum Pemuda Sumbar Tegak Lurus Dukung Ganjar-Mahfud

Oleh : Septa Kurnia Wibowo )*

Karena dikenal sangat dekat dengan anak muda dan juga memiliki komitmen yang kuat demi masa depan para pemuda, menjadikan Forum Pemuda di Sumbar menjadi semakin tegak lurus dalam memberikan dukungan mereka kepada pasangan Ganjar-Mahfud dan sama sekali tidak terpengaruh akan adanya dinamika politik yang terjadi belakangan ini.

Dukungan kepada pasangan Calon Presiden (Capres) dan Calon Wakil Presiden (Cawapres) Republik Indonesia yang diusung oleh koalisi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P), yakni Ganjar Pranowo dan Mahfud MD terus mengalir dari berbagai pihak dan kalangan di masyarakat.

Terbaru, dukungan datang dari Badan Eksekutif Mahasiswa Perguruan Tinggi Nahdlatul Ulama (BEM PTNU) di seluruh Nusantara. Dukungan tersebut dinyatakan oleh mereka dalam acara Resepsi Puncak Hari Lahir ke-XVI di Pondok Pesantren Khas Kempek Cirebon, Jawa Barat.

Presidium Nasional BEM PTNU, Wahyu Al Fajri juga mengajak ribuan mahasiswa yang hadir dalam acara itu kalau pihaknya sudah sangat siap memberikan dukungan penuh pada pasangan Ganjar-Mahfud dalam pesta demokrasi dan kontestasi politik pada perhelatan Pemilihan Presiden (Pilpres) tahun 2024 mendatang.

Dirinya juga menegaskan bahwa   mahasiswa dan pemuda seluruh Nahdlatul Ulama (NU) se-Indonesia telah mendukung pasangan tersebut. Tentunya bukan tanpa alasan mengapa dukungan terus mengalir dari kalangan pemuda kepada duet tersebut. Pasalnya, mereka menilai bahwa kedua tokoh bangsa itu sangat dekat dengan anak muda.

Bukan hanya sekedar dekat saja sebagai gimik atau pencitraan politik saja, namun memang benar-benar baik dari Ganjar Pranowo ataupun Mahfud MD sendiri, mereka berdua merupakan tokoh bangsa yang sangat mempedulikan bagaimana masa depan dari para pemuda, yang selama ini juga sudah sangat dirasakan oleh para pemuda itu sendiri tatkala Ganjar Pranowo masih menjabat sebagai Gubernur Jawa Tengah (Jateng) selama dua periode.

Lebih jauh, para pemuda yang menjadi mayoritas dalam pemilih pada pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu) mendatang, mereka juga menilai bahwa pasangan Ganjar-Mahfud selama ini juga masih menjadi satu-satunya pasangan yang sama sekali tidak terikat dengan kepentingan apapun, kecuali hanya kepentingan bagi rakyat Indonesia saja.

Senada, Gerakan Alumni Muda Universitas Brawijaya (UB), Institute Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) dan Universitas Airlangga (Unair) yang tergabung ke dalam Ganjar Creasi menggelar sebuah diskusi tentang kepemudaan yang juga menjadi sebuah bahan refleksi akan bagaimana peran dari para pemuda di Indonesia untuk bisa mewujudkan kerja sama mereka bersama dengan Ganjar-Mahfud menuju Indonesia yang unggul.

Terkait hal tersebut, Koordinator Wilayah (Korwil) Ganjar Creasi Jawa Timur (Jatim), Wildan Hilmi mengatakan Calon Presiden dan Calon Wakil Presiden itu memang sudah cukup dikenal dengan baik di kalangan pemuda dan masyarakat, termasuk di Kabupaten Lamongan.

Melalui para sukarelawan itu, banyak warga yang sangat mengharapkan agar Ganjar-Mahfud bisa terpilih menjadi Presiden dan Wakil Presiden 2024 hingga 2029 nantinya bangsa dan negara Indonesia ini bisa menjadi jauh lebih baik dan sejahtera.

Lantaran sangat dekat dengan seluruh kaum muda, hal tersebut juga menjadikan Forum Pemuda di Sumatera Barat (Sumbar) menegaskan pernyataan dukungan atau deklarasi mereka pada duet itu.

Muhammad Jamil yang juga selaku Founder Dangau Gerakan Institute menjelaskan bahwa dirinya dan seluruh kawannya bahkan juga akan berkeliling di seluruh wilayah Sumatera Barat untuk terus menggalang dukungan dari banyak pihak lain seperti dari para tokoh agama, tokoh adat hingga para tokoh pemuda untuk bisa terus memperjuangkan dan memastikan kemenangan bagi pasangan Ganjar-Mahfud.

Maka dari itu, dirinya kemudian mendeklarasikan Forum Pemuda Sumbar Hitam Putih sebagai gerakan penuh dalam memberikan dukungan pada duet yang diusung oleh koalisi dari Partai Politik (Parpol) pimpinan Megawati Soekarnoputri itu, yang mana menurut Jamil merupakan bagian juga dari perjuangan untuk bisa menegakkan konstitusi sebagai panglima dalam kehidupan berbangsa dan bernegara di Tanah Minangkabau.

Mengenai adanya dinamika politik dan penegakan hukum yang terjadi pasca adanya Putusan dari Mahkamah Konstitusi (MK) nomor 90, menurut para pemuda di Sumatera Barat ternyata hal itu jelas telah sangat mencederai seluruh hati nurani dari rakyat sendiri. Maka dari itu, dirinya terus mengajak kepada semua elemen, semua pemuda hingga mahasiswa dan seluruh prmas Islam di Tanah Minang agar bisa bergerak melawan siapa saja pihak yang mencederai hukum di Indonesia.

Banyak sekali pihak, utamanya dari para pemuda yang sudah sangat tegak lurus dalam memberikan dukungan penuh mereka kepada pasangan Ganjar Pranowo dan Mahfud MD, termasuk juga datang dari para pemuda di Provinsi Sumatera Barat (Sumbar). Hal tersebut dikarenakan mereka semua menilai bahwa pasangan duet itu merupakan sosok tokoh dan pemimpin bangsa yang sangat dekat dengan kalangan muda di Indonesia.

)* Penulis adalah kontributor Gerakan Bersatu Untuk Ganjar Pranowo Menang (GERBANG)

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda