Survei Litbang Kompas Terbaru Sebut Angka Elektoral Ganjar Tertinggi di Kalangan Gen Z - Informasi Aceh

Jumat, 06 Oktober 2023

Survei Litbang Kompas Terbaru Sebut Angka Elektoral Ganjar Tertinggi di Kalangan Gen Z

JAKARTA — Survei dari Litbang Kompas terbaru menghasilkan bahwa angka elektoral yang dimiliki oleh Ganjar Pranowo ternyata masih menjadi yang tertinggi di kalangan para pemilih dari Gen Z.

Elektabilitas yang dimiliki oleh Capres usungan PDI Perjuangan pada kelompok Gen Z mencapai hingga sebesar 31 persen.

"Kelompok responden generasi Z, atau saat ini yang berusia 17-25 tahun, memilih Ganjar Pranowo sebagai presiden dengan persentase terbesar, yaitu 31%," tulis tim Litbang Kompas.

Dengan paling tingginya angka elektoral yang dimiliki oleh Ganjar Pranowo tersebut berarti menandakan bahwa sosojnya dinilai tegas dan berwibawa, kemudian pribadi yang sederhana dan merakyat serta berpengalaman dan berprestasi sebagai pemimpin.

Pasalnya, ketiga kriteria itu yang memang menjadi dasar pertimbangan dalam survei Litbang Kompas.

Diketahui pula bahwa survei itu melibatkan hingga sebanyak 1.364 responden yang dipilih secara acak dengan menggunakan metode pencuplikan sistematis bertingkat di 38 provinsi di Indonesia.

Pengambilan data dilakukan pada periode tanggal 27 Juli hingga 7 Agustus 2023 dengan toleransi kesalahan sekitar 2,65 persen dan tingkat kepercayaan hingga 95 persen.

Serupa, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Islam Negeri Sunan Ampel (UINSA) Surabaya juga merilis hasil survei elektablitas yang menunjukkan pemimpin kelahiran Kabupaten Karanganyar itu menempati posisi paling atas.

Angka elektoral yang dimiliki olehnya bahkan mencapai hingga 45,8 persen, yang mana ternyata banyak dipilih oleh para pemilih perempuan.

"Ganjar banyak dipilih pemilih perempuan, Prabowo laki-laki dan Anies juga laki-laki," ujar Dekan FISIP Uinsa, Abd. Chalik.

Sementara untuk tingkat penerimaan atau akseptabilitas dari para pemilih muda terhadap Ganjar juga paling tinggi dengan 46,8 persen.

Kemudian untuk tingkat kedisukaan atau liketabilitas juga mantan Gubernur Jateng itu masih pada posisi teratas dengan 50,6 persen suara.

Selain dari bagaimana sosok dan karakter pribadi yang dimiliki Ganjar Pranowo sendiri, namun pengamat sekaligus Direktur Eksekutif Indonesia Public Institute (IPI), Karyono Wibowo menyebutkan kehadiran Muhammad Zinedine Alam Ganjar memiliki daya tarik tersendiri.

Terlebih, daya tarik tersebut mampu menjembatani pemimpin berambut putih itu dengan para pemilih generasi muda.

"Kalau melihat dan menyimak dari performa dan kemudian wawasannya, saya kira memang Alam ini bagus. Dia natural dan tidak dibuat-buat,” kata pengamat tersebut.

“Alam ini memang termasuk generasi milineal sehingga tentu dengan penampilannya yang polos, tapi justru malah menarik. Dia bicara apa adanya dan tidak dibuat-buat dan gesture yang kalem," tambah Karyono.

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda