Konsisten Berantas Radikalisme-Intoleransi, Ulama dan Kyai Berbagai Wilayah di Jabar Dukung Ganjar-Mahfud - Informasi Aceh

Jumat, 20 Oktober 2023

Konsisten Berantas Radikalisme-Intoleransi, Ulama dan Kyai Berbagai Wilayah di Jabar Dukung Ganjar-Mahfud

Oleh : Kanya Almahyra *)

Dengan telah memiliki rekam jejak serta pengalaman dan prestasi yang dimilikinya, yakni sejauh ini terus konsisten untuk mampu memberantas penyebaran paham radikalisme dan intoleransi di Indonesia, maka para ulama dan juga kyai dari berbagai wilayah di Provinsi Jawa Barat (Jabar) terus memberikan dukungan penuh kepada pasangan duet Capres-Cawapres Ganjar Pranowo dengan Mahfud MD.

Sejumlah ulama dan juga kyai dari berbagai wilayah di Kabupaten Kuningan, Jawa Barat berkumpul dalam pelaksanaan kegiatan Halaqoh Kebangsaan Jaringan Ahlussunah Wal Jamaah Indonesia. Pada kegiatan tersebut, mereka menghasilkan suatu keputusan bersama mengenai bagaimana arah dukungan yang hendak mereka berikan pada pelaksanaan pesta demokrasi dan kontestasi politik dalam perhelatan Pemilihan Presiden (Pilpres) tahun 2024 mendatang.

Kemudian hasil dari keputusan bersama yang disepakati adalah, pada akhirnya mereka memilih untuk mendukung penuh pasangan Calon Presiden Republik Indonesia (Capres RI) Ganjar Pranowo dengan Calon Wakil Presiden (Cawapres) Mahfud MD pada Pemilihan Presiden nanti.

Tentunya bukan tanpa alasan mengapa banyak diantara ulama serta kyai di Provinsi Jawa Barat (Jabar) tersebut memberikan dukungan kepada pasangan duet yang diusung oleh Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) itu. Pasalnya, mereka menilai bahwa sosok mantan Gubernur di Provinsi Jawa Tengah (Jateng) dan juga sosok Menteri Koordinator bisang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) tersebut selama ini terus konsisten untuk menangkal adanya penyebaran paham radikalisme dan juga intoleransi agar tidak semakin merusak bangsa.

K.H. Udi Masudi turut mengikuti perkembangan perpolitikan Tanah Air, dan setelah dirinya mengetahui bahwa secara resmi Mahfud MD dipasangkan dengan Ganjar Pranowo. Maka dirinya langsung sangat mendukung penuh dan sangat senang dengan adanya keputusan pemasangan tersebut.

Diskusi dan juga penyatuan pendapat dari para ulama serta kyai di Jawa Barat itu juga dalam rangka untuk bisa menentukan siapa sosok pemimpin yang memang menurut mereka mampu memenuhi seluruh harapan bangsa ini. Bagi para ulama dan Kyai tersebut, memang sosok yang paling layak dan juga ideal untuk bisa memimpin Tanah Air adalah mereka yang rekam jejak dan pengalaman serta prestasinya jelas, terlebih juga selama ini dikenal terus konsisten mampu memberantas radikalisme dan intoleransi yang sangat membahayakan.

Sejauh ini, terlihat dengan sangat jelas dari bagaimana karier politik yang telah dibangun oleh Ganjar Pranowo selama dirinya memimpin Provinsi Jawa Tengah hingga dua periode atau sepuluh tahun itu, celah-celah akan penyebaran paham radikal terus mampu ditutup olehnya. Kemudian juga dari bagaimana rekam jejak yang dimiliki oleh pasangannya yakni Mahfud MD sebagai Menko Polhukam RI, bahwa dirinya sangat tegas mampu membubarkan kelompok radikal seperti adanya pembubaran FPI beberapa waktu silam.

Oleh karenanya, berangkat dari bagaimana rekam jejak dan juga pengalaman serta prestasi yang berhasil ditunjukkan oleh duet tersebut, maka menjadi tidak mengherankan merangapa para ulama dan juga kyai yang hadir pada diskusi itu bersepakat mendukung penuh pasangan Ganjar-Mahfud dan juga terus berkomitmen kuat dalam pemberantasan penyebaran paham radikalisme serta intoleransi di Indonesia.

Tentu saja bahwa adanya paham radikalisme sendiri tentu akan sangat penting untuk bisa diberantas dan dicegah penyebarannta, lantaran paham tersebut sangat berpotensi untuk bisa memecah belah persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia. Dengan adanya sikap yang tegas untuk bisa memberantasnya, maka diharapkan pula bagaimana sikap intoleransi di masyarakat pun akan mampu berkurang, sehingga situasi menjadi kondusif dan kondisi keamanan dan kenyamanan masyarakat juga terjaga termasuk keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) juga ikut terjaga.

Harapan sangat besar dititipkan kepada pundak Ganjar Pranowo dengan Mahfud MD supaya mereka memang benar-benar terus berkomitmen kuat serta secara konsisten ke depannya untuk memerangi adanya celah penyebaran radikalisme. Karena sejauh ini, catatan sejarah dari bagaimana rekam jejak hingga pengalaman mereka telah membuktikannya.

Lebih lanjut, diketahui pula bahwa pasangan duet dari Partai Politik (Parpol) pimpinan Megawati Soekarnoputri itu juga dinilai selama ini sangat dekat dengan kalangan pondok pesantren, para santri hingga masyarakat kecil. Pendekatan yang mereka lakukan pun dinilai sampai saat ini sudah sangat tepat kepada masyarakat lantaran menggunakan bahasa yang mampu menyesuaikan dengan siapa lawan bicaranya sehingga berbagai kalangan mulai dari para pemuda pun terus memilihnya.

Dari segi dorongan untuk peningkatan budaya serta kesenian di Indonesia, mereka berdua, baik itu dari Ganjar Pranowo dengan Mahfud MD juga sangat baik. Sehingga pemahaman budaya dan kesenian yang mereka miliki jelas akan mampu mengikis penyebaran paham radikal serta intoleran.

Dukungan kepada sosok duet pasangan Capres dan Cawapres, Ganjar Pranowo dengan Mahfud MD terus datang dari berbagai kalangan termasuk para ulama dan kyai di berbagai wilayah dari Provinsi Jawa Barat (Jabar). Mereka semua menilai bahwa pasangan duet itu selama ini terus menunjukkan konsistensinya dalam pemberantasan paham radikalisme dan intoleransi di Indonesia.

)* Penulis adalah kontributor Lingkar Khatulistiwa Institute

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda