Rakernas PDIP Fokus Pada Kemenangan Rakyat - Informasi Aceh

Jumat, 29 September 2023

Rakernas PDIP Fokus Pada Kemenangan Rakyat

Oleh: Aisyah Lubis )*

Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) menggelar Rapat Kerja Nasional (Rakernas) IV pada 28 September hingga 1 Oktober 2023. Rakernas ini membahas berbagai hal, seperti persiapan Pemilu 2024 dan soliditas kader. Namun, satu hal yang menarik adalah bahwa pada Rakernas kali ini, PDIP banyak berfokus pada isu pangan.

Fokus yang nampak pada Rakernas PDIP kali ini penting untuk kepentingan rakyat. Apalagi, PDIP merupakan partai politik yang lahir dari rakyat dan untuk rakyat. Oleh karena itu, PDIP telah menunjukkan upayanya mengutamakan kepentingan rakyat dalam setiap kebijakan dan programnya.

Rakernas IV PDIP sendiri mengangkat tema "Kedaulatan Pangan Untuk Kesejahteraan Rakyat". Tema tersebut menunjukkan bahwa PDIP menjadi partai yang punya narasi tentang masa depan, tidak hanya mengurus tentang pencapresan semata.  

Sekretaris Jenderal Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Hasto Kristiyanto menegaskan pentingnya pangan bagi kehidupan bangsa. Bahkan isu tersebut juga menurutnya menyangkut tentang martabat bangsa.

Rakernas IV diharapkan dapat menjadi momentum bagi PDI Perjuangan untuk menunjukkan komitmennya terhadap rakyat Indonesia. PDI Perjuangan menawarkan suatu narasi tentang masa depan yang inklusif dan berkeadilan, yang dapat dinikmati oleh seluruh rakyat Indonesia, tanpa memandang latar belakang.

Ketika para Capres dan Cawapres, mengekspos narasi berbasis kepintaran dalam memainkan kata-kata yang bernuansa ambisius mengejar kekuasaaan tanpa narasi tentang konsepsi masa depan, maka sebagaimana menurut Hasti, Capres dan Cawapres seperti ini hanyalah aktor politik yang siap melakukan apapun demi elektoral.

Tetapi PDIP tidak demikian. PDIP membangun Indonesia Raya melalui penguatan partai politik yang bersekutu dengan ilmu pengetahuan, riset dan teknologi.  PDIP menyadari bahwa untuk membangun Indonesia Raya yang maju dan sejahtera, diperlukan kerja keras dan komitmen yang tinggi. PDIP juga menyadari bahwa ilmu pengetahuan, riset dan teknologi merupakan kunci untuk mencapai kemajuan dan kesejahteraan.

PDIP percaya bahwa dengan memperkuat partai politik yang bersekutu dengan ilmu pengetahuan, riset dan teknologi, Indonesia akan dapat mencapai kemajuan dan kesejahteraan yang lebih cepat. PDIP menyadari bahwa membangun Indonesia Raya yang maju dan sejahtera merupakan tugas yang tidak mudah. Diperlukan kerja keras dan komitmen yang tinggi dari seluruh komponen bangsa.

PDIP juga menyadari bahwa ilmu pengetahuan, riset dan teknologi merupakan kunci untuk mencapai kemajuan dan kesejahteraan. Ilmu pengetahuan, riset dan teknologi dapat digunakan untuk memecahkan berbagai masalah yang dihadapi bangsa Indonesia, seperti kemiskinan, kelaparan, dan penyakit.

Oleh karena itu, PDIP berkomitmen untuk memperkuat partai politik yang bersekutu dengan ilmu pengetahuan, riset dan teknologi. PDIP percaya bahwa dengan memperkuat partai politik yang bersekutu dengan ilmu pengetahuan, riset dan teknologi, Indonesia akan dapat mencapai kemajuan dan kesejahteraan yang lebih cepat.

Banyak pihak pun tentunya berharap Rakernas PDIP kali ini dapat menghasilkan keputusan-keputusan yang dapat membawa Indonesia ke arah yang lebih baik dan tetap berfokus pada kemenangan rakyat.

Dalam rangka mewujudkannya, PDIP juga telah menunjukkan komitmen meningkatkan kesejahteraan rakyat, meningkatkan kualitas pendidikan, kesehatan, dan lapangan kerja, menjaga kedaulatan pangan untuk menjamin ketersediaan pangan bagi rakyat Indonesia, serta memperkuat demokrasi dengan meningkatkan partisipasi rakyat dalam proses demokrasi.

PDIP menyuarakan fokus pada kedaulatan pangan sebagaimana Indonesia merupakan negara agraris. Kedaulatan pangan merupakan hal yang penting untuk mewujudkan kesejahteraan rakyat. PDIP harus fokus pada program-program yang dapat meningkatkan produksi pangan dalam negeri. Program-program tersebut dapat berupa peningkatan produktivitas pertanian, subsidi pupuk, dan bantuan untuk petani.
 
Kemenangan rakyat adalah kemenangan bagi semua orang Indonesia. Kemenangan rakyat berarti tercapainya kesejahteraan, keadilan, dan kemakmuran bagi seluruh rakyat Indonesia. Untuk mencapai kemenangan rakyat, PDIP harus terus fokus pada program-program yang dapat meningkatkan kesejahteraan rakyat. Program-program tersebut dapat berupa peningkatan kualitas pendidikan, kesehatan, dan lapangan kerja.

Selain itu, PDIP juga harus tetap fokus pada penguatan demokrasi. PDIP harus menjadi partai politik yang pro-demokrasi dan mendorong partisipasi rakyat dalam proses demokrasi.

Peneliti Utama Politik BRIN, Siti Zuhro pun sempat memberikan penilaian terhadap PDIP yang menurutnya tidak perlu berbuat banyak sebagai partai wong cilik, karena kesolidan PDIP lah yang akan mengantarkan pada kemenangan dalam Pilpres 2024.

Sekali lagi, PDIP tidak boleh hanya fokus pada dukungan terhadap pemerintahan. PDIP juga harus fokus pada kepentingan rakyat. Konsolidasi internal juga tetap harus dirawat. PDIP harus memastikan bahwa seluruh kadernya solid dan berkomitmen untuk memenangkan Pemilu 2024.

PDIP dapat memanfaatkan momentum Rakernas kali ini dalam merealisasikan identitas partai politik yang peduli dan berjuang untuk kepentingan rakyat.

Rakernas PDIP kali ini pasti dapat menghasilkan keputusan-keputusan yang konkret untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat,termasuk program-program yang dapat dirasakan langsung oleh rakyat, seperti peningkatan kualitas pendidikan, kesehatan, dan lapangan kerja.

PDIP dapat menjadi partai politik yang besar dan kuat jika partai ini benar-benar fokus pada kepentingan rakyat. PDIP harus menjadi partai politik yang menjadi harapan bagi rakyat Indonesia.

)* Penulis adalah diaspora Indonesia di Belgia

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda