Gelar Rakernas IV di Kemayoran, PDIP Angkat Tema Kedaulatan Pangan - Informasi Aceh

Jumat, 29 September 2023

Gelar Rakernas IV di Kemayoran, PDIP Angkat Tema Kedaulatan Pangan

Jakarta - Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto mengatakan, Rapat Kerja Nasional (Rakernas) PDIP ke-4 yang berlangsung pada 29 September - 1 Oktober 2023 di Kemayoran, Jakarta, mengangkat tema kedaulatan pangan.

“Dalam rangka Rapat Kerja Nasional (Rakernas) IV, PDIP mengangkat tema kedaulatan pangan untuk kesejahteraan rakyat, dan subtema pangan lambang supremasi kepemimpinan negara pada dunia," kata Hasto.

Tema tersebut menunjukkan bahwa PDIP menjadi partai yang punya narasi tentang masa depan, tidak hanya mengurus tentang pencapresan semata.

Ketahanan pangan menjadi isu strategis mengingat sejumlah negara seperti India berhenti mengekspor beras sejak 20 Juli 2023 untuk menurunkan harga beras di pasar domestik dan Vietnam yang menerapkan penghentian ekspor beras pada tahun 2030.

Oleh karena itu, PDIP menaruh perhatian besar pada kedaulatan pangan. Menurut Hasto, hal ini tercermin ketika Ketua Umum PDIP dan Presiden Kelima RI, Megawati Soekarnoputri, berpesan saat hendak mencalonkan Joko Widodo menjadi presiden untuk kedua kalinya.

Dalam rakernas tersebut Hasto juga menyampaikan Presiden Jokowi dan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri menyampaikan pidato politik sebagai bagian dari rangkaian acara tersebut. Rakernas tersebut juga diisi pembahasan agenda pemenangan Ganjar pada Pilpres 2024.

“Hari pertama, Rakernas dihadiri oleh perwakilan para petani. Hari kedua diisi pembekalan caleg, dan hari ketiga membahas agenda strategis pemenangan Ganjar Pranowo di Pilpres 2024,” kata Hasto.

Pada kesempatan lain Politikus PDI Perjuangan, Deddy Yevri Hanteru Sitorus, memastikan tidak ada pembahasan tentang calon wakil presiden (cawapres) Ganjar Pranowo di Rapat Kerja Nasional (Rakernas) awal Oktober. Menurutnya, cawapres adalah ranah para ketua umum di koalisi dan tidak dibuka secara umum.

“Pada Rakernas IV PDIP lebih untuk konsolidasi untuk kemenangan pemilu, evaluasi dan pematangan rencana pemenangan Pilpres 2024,” kata Deddy.

Sebagai informasi Nama-nama cawapres yang sudah beredar saat ini meliputi Erick Thohir, Sandiaga Uno, Andika Perkasa, dan Mahfud MD. Namun PDIP menganggap pengumuman nama cawapres akan dilakukan pada saat yang tepat.

Ketua DPP PDIP Said Abdullah mengungkapkan bahwa masih ada nama-nama lain yang berpeluang menjadi cawapres Ganjar Pranowo. Nama – nama tersebut sudah berada di kantong Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri dan menunggu momen yang tepat untuk diumumkan.

"Kami semua menunggu element of surprises, bisa orangnya, bisa tanggalnya. Kapan disampaikan, bisa tepatnya, momennya. Jadi, kami tunggu saja," kata Said.

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda