Keberhasilan PB ESI Selenggarakan IESF Bali 14Th WEC 2022 Kembangkan Ekosistem Esports Indonesia - Informasi Aceh

Minggu, 11 Desember 2022

Keberhasilan PB ESI Selenggarakan IESF Bali 14Th WEC 2022 Kembangkan Ekosistem Esports Indonesia


Oleh : Ridwan Putra Khalan )*


Keberhasilan PB ESI menyelenggarakan ajang IESF Bali 14Th WEC 2022 mampu untuk terus mengembangkan ekosistem esports di Indonesia menjadi semakin memuncak hingga banyak diapresiasi oleh dunia.

Ajang Indonesia Esports Summit: Bali 14Th World Esports Championships 2022 telah resmi ditutup. Penutupan tersebut terjadi dengan sangat meriah sebagaimana pembukaan yang telah dilakukan pada Jumat (2/12) lalu. Kemeriahan dan suksesnya acara tersebut sama sekali tidak bisa dilepaskan dari bagaimana peranan Pengurus Besar Esports Indonesia (PB ESI) di bawah kepemimpinan Jend. Pol (Purn) Budi Gunawan.

Perhelatan IESF Bali 14Th WEC 2022 menjadi ajang olahraga elektronik outdoor terbesar di dunia dan telah tercatat secara resmi dalam Guinness Book of World Records karena memiliki peserta paling banyak di dunia, yakni sebanyak 105 negara dan sekitar 600 atlet esports seluruhnya berkumpul di Pulau Dewata.

Seperti pada pembukaan, tidak lupa pula dalam penutupan ajang itu, beragam kebudayaan khas bangsa Indonesia turut ditampilkan dengan dipadukan seni modern. Hal tersebut bertujuan untuk lebih membanggakan budaya lokal di mata dunia karena memang perhelatan ini disaksikan oleh seluruh penggemar esports seluruh dunia.

Menjadi tidak mengherankan lagi bahwa dengan seluruh upaya yang telah dilakukan oleh PB ESI yang sudah merancang dengan sedemikian rupa bagaimana penyelenggaraan kejuaraan dunia olahraga elektronik di Bali itu terbukti mampu untuk semakin meningkatkan ekosistem sport tourism di Tanah Air. Ketika terjadi peningkatan dalam ekosistem sport tourism, maka secara otomatis pula terjadi perkembangan pada sektor perekonomian dan juga sektor pariwisata Indonesia.

Ketua Umum PB ESI, Budi Gunawan menjelaskan bahwa masih banyak lagi faktor pentingnya penyelenggaraan event-event esports. Menurutnya, ajang esports kini sudah tidak bisa lagi dianggap sebagai sebuah permainan belaka, namun jauh lebih dari itu, yakni manfaatnya sangat banyak untuk generasi muda bangsa.

Budi Gunawan menerangkan bahwa selain dari aspek permainannya yang mampu menghadirkan hiburan tersendiri bagi para pemain ataupun para penonton, namun esports juga sangat bermanfaat untuk bisa mengasah kemampuan para generasi muda dalam berpikir strategis, selain itu juga bisa meningkatkan kecerdasan dan kemampuan untuk berpikir kreatif, menghadirkan peningkatan dalam analisis untuk menyusun strategi hingga memunculkan motivasi dan kerja sama tim yang kuat, termasuk juga pada kelincahan dan ketahanan fisik bagi para generasi muda.

Menurut Budi Gunawan kebermanfaatan dari penyelenggaraan olahraga elektronik tersebut ternyata memang mampu untuk terus mendorong tercetaknya para generasi muda yang bisa menjadi unggul secara sumber daya manusia (SDM). 

Baginya, para anak muda yang sangat menggemari esports bisa dibina dengan sangat tepat sehingga berbekal banyak kebermanfaatan tadi, mereka mampu sukses di berbagai bidang seperti militer, dokter, ahli IT, pengusaha, rekayasa genetik dan lain sebagainya. Justru dengan berkembangnya ekosistem esports di kalangan anak muda, menurutnya secara otomatis juga berpengaruh pada Indonesia untuk bisa semakin menjadi negara maju, juat dan disegani di dunia.

Dengan banyaknya manfaat konret yang dapat diberikan oleh dunia esports bagi generasi muda, Ketua Harian PB ESI, Komjen Pol Bambang Sunarwibowo mengungkapkan bahwa memang sejauh ini banyak sekali dukungan yang diberikan oleh para pelaku di industri kreatif bagi perkembangan eskosistem esports Indonesia.

Penyelenggaraan IESF Bali 14Th WEC 2022 yang sukses dihadirkan oleh PB ESI, mampu banyak menarik kunjungan para wisatawan asing untuk datang ke Pulau Bali untuk menyaksikan secara langsung panorama keindahan yang dimiliki oleh Bali.

Sejauh ini, perkembangan ekosistem esports Indonesia memang berkembang dengan sangat pesat, bahkan cabang olahraga baru tersebut dengan perkembangan pesatnya bisa menjadi sebuah industri yang sangat berpotensi meningkatkan sektor ekonomi, sosial hingga budaya dengan sangat besar.

Bambang Sunarwibowo mengungkapkan bahwa olahraga elektronik itu bukan hanya mampu untuk menjadi wadah bagi aktualisasi dan pencapaian prestasi para atlet dan generasi muda di kancah dunia namun, memiliki dampak pula pada penggerak pulihnya perekonomian bangsa pascapandemi COVID-19 sebagai sebuah social currency.

PB ESI mampu mengawal sukses penyelenggaraan IESF Bali 14Th WEC 2022 hingga berakhir, Ketua Harian PB ESI memiliki harapan sangat besar supaya ke depan menjadi semakin banyak atlet esports Tanah Air yang lahir dan bertalenta dalam kapasitasnya secara internasional untuk terus memberikan kontribusinya dalam mengharumkan nama bangsa di mata dunia.

Perkembangan ekosistem esports di Indonesia belakangan terus meningkat dengan sangat pesat bahkan terus memuncak di level internasional. Utamanya, hal tersebut sama sekali tidak bisa dilepaskan dari bagaimana upaya keras PB ESI di era kepemimpinan Budi Gunawan yang membantu dan memberikan banyak sekali dukungan hingga segenap fasilitas, termasuk sukses besar PB ESI dalam penyelenggaraan IESF Bali 14Th WEC 2022 hingga menghadirkan penutupan yang sangat meriah.



)* Penulis adalah kontributor Ruang Baca Nusantara 


Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda