Tokoh Muda NTT: Pentingnya Pendidikan Politik dan Partisipasi Aktif Masyarakat Dalam Pilkada 2024 - Informasi Aceh

Kamis, 20 Juni 2024

Tokoh Muda NTT: Pentingnya Pendidikan Politik dan Partisipasi Aktif Masyarakat Dalam Pilkada 2024

Kupang — Dalam menyukseskan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024 dibutuhkan adanya partisipasi aktif dan peningkatan pendidikan politik di masyarakat.

Adanya pendidikan politik dan partisipasi aktif masyarakat tersebut merupakan hal yang sangat penting dan tidak bisa dipandang sebelah mata dalam menyukseskan Pilkada 2024.

Ketua Umum Pimpinan Wilayah Ikatan Pelajar Muhammadiyah NTT, Tita Nandita Oktaviani menuturkan bahwa masyarakat perlu terlibat secara aktif dalam Pilkada.

“Masyarakat perlu terlibat secara aktif dalam diskusi terbuka mengenai isu-isu penting yang dihadapi oleh daerahnya. Sehingga keputusan dalam pemilihan dapat didasarkan pada pemahaman yang kuat akan masalah-masalah tersebut,” ungkapnya.

Menurutnya, dengan tingkat partisipasi aktif yang tinggi, menjadikan pengawasan terhadap berjalannya seluruh proses pesta demokrasi juga lebih baik, sehingga mencegah adanya pelanggaran.

“Selain itu, pengawasan terhadap jalannya kampanye juga perlu ditingkatkan juga mencegah adanya pelanggaran dan kecurangan yang dapat merusak integritas dari proses demokrasi di Indonesia,” ungkap Tita.

Tatkala masyarakat lebih paham mengenai hak dan kewajiban mereka dalam berdemokrasi, tentu akan meningkatkan tingkat efektivitas pengawasan dan mendorong pembangunan yang memicu kemajuan daerah.

“Pentingnya pendidikan politik dan partisipasi aktif masyarakat tidak bisa dipandang sebelah mata dalam menyukseskan Pilkada Serentak 2024,” jelas Ketum IPM NTT itu.

“Pemahaman yang lebih baik tentang hak dan kewajiban dalam demokrasi berpotensi mematangkan masyarakat agar dapat lebih efektif dalam mengawasi kinerja para pemimpin yang akan terpilih dan mendorong terwujudnya pembangunan yang inklusif dan berkemajuan,” tambahnya.

Senada, Ketua Lembaga Peduli Masyarakat Timor Indonesia, Mariano Parada menjelaskan bahwa keterlibatan atau partisipasi aktif dari generasi muda dalam Pilkada menjadi hal sangat penting.

Bukan tanpa alasan, pasalnya di tangan para pemilih muda itu kunci perubahan nyata akan terwujud.

“Untuk teman-teman pemuda atau kaum milenial, terutama pemilih pemula, saya sampaikan bahwa partisipasi Anda dalam Pilkada 2024 adalah kunci perubahan nyata,” ungkap Mariano.

Apabila anak muda menggunakan hak suara mereka secara aktif, maka bukan tidak mungkin akan menentukan arah masa depan daerah dan negara ini.

Termasuk pula, di tangan pemuda, mampu memastikan siapa pemimpin yang akan memimpin dan mereka yang benar-benar mampu mewakili aspirasi rakyatnya.

“Dengan menggunakan hak suara Anda, Anda dapat menentukan masa depan daerah dan negara kita, serta memastikan bahwa kepemimpinan yang terpilih nanti adalah kehendak kita dan dipercayakan untuk benar-benar mewakili aspirasi dan harapan kita semua,” jelasnya.

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda