Pemerintah Memastikan Pembangunan IKN Terus Berjalan - Informasi Aceh

Kamis, 06 Juni 2024

Pemerintah Memastikan Pembangunan IKN Terus Berjalan

Oleh: Niko Hardi

Pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara terus menunjukkan kemajuan signifikan, meskipun di tengah dinamika internal yang melibatkan pengunduran diri pejabat tinggi. Dua peristiwa penting baru-baru ini menegaskan bahwa komitmen untuk merealisasikan IKN sebagai simbol baru kemajuan Indonesia tetap kuat dan tidak tergoyahkan.

Pada 4 Juni 2024, Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan pembangunan Astra Biz Center dan Nusantara Botanical Garden di IKN Nusantara, Kalimantan Timur. Acara ini menunjukkan dukungan besar dari sektor swasta, khususnya PT Astra Internasional, dalam membangun fasilitas modern yang mendukung konsep green city, smart city, liveable city, dan loveable city yang diusung IKN.

Presiden Jokowi dalam sambutannya menyampaikan apresiasi tinggi terhadap komitmen PT Astra Internasional yang akan membangun Astra Biz Center di atas lahan seluas 3,4 hektare. Kompleks layanan terpadu ini akan menyediakan one stop service untuk 11 merek perusahaan dari Grup Astra, termasuk Astra Motor, Auto2000, Astra Daihatsu, FIFGROUP, dan lainnya. Selain itu, pembangunan Nusantara Botanical Garden oleh Konsorsium Nusantara dengan dana CSR menegaskan kontribusi nyata sektor swasta dalam pembangunan sosial dan lingkungan IKN.

Direktur Astra, Rudy, menjelaskan bahwa Astra Biz Center-IKN dirancang untuk berkontribusi dalam memajukan sentra bisnis dan mendorong pertumbuhan ekonomi setempat. Dengan konsep green building dan desain pedestrian-oriented, fasilitas ini akan memprioritaskan kenyamanan pejalan kaki serta keberlanjutan lingkungan. Pencahayaan alami, material ramah lingkungan, dan peralatan hemat energi adalah beberapa fitur utama yang akan digunakan untuk memastikan keberlanjutan bangunan.

Astra Biz Center-IKN yang dibangun oleh Astra akan mengutamakan pemenuhan kebutuhan pelanggan serta memberikan kemudahan kepada masyarakat terhadap produk-produk mobilitas kendaraan roda empat dan roda dua Astra yang dilengkapi dengan berbagai layanan pendukungnya.

Dengan konsep desain green building setinggi dua lantai, Astra Biz Center-IKN dirancang akan dilengkapi dengan pencahayaan alami, material ramah lingkungan, serta peralatan hemat energi yang memerhatikan aspek keberlanjutan dan lingkungan yang memaksimalkan perpaduan penghijauan. Astra Biz Center-IKN juga fokus pada pedestrian-oriented yang desainnya mengutamakan kenyamanan pejalan kaki dengan desain inklusif yang futuristik, menyesuaikan dengan konsep kota masa depan.

Di sisi lain, dinamika internal terjadi dengan pengunduran diri Bambang Susantono dan Dhony Rahajoe dari jabatan Kepala dan Wakil Kepala Otorita IKN. Meskipun demikian, Presiden Joko Widodo menegaskan bahwa pengunduran diri ini didasari alasan pribadi dan tidak akan menghambat laju pembangunan IKN.

Dalam sesi tanya jawab dengan wartawan, Presiden Jokowi menyatakan bahwa meskipun Bambang Susantono dan Dhony Rahajoe mengundurkan diri, pemerintah tetap berkomitmen melanjutkan pembangunan IKN sesuai rencana. Presiden juga menegaskan bahwa Bambang akan diberi penugasan baru sebagai utusan khusus untuk kerja sama internasional dalam rangka mempercepat pembangunan IKN, memanfaatkan pengalamannya di kancah internasional.

Meskipun ada perubahan dalam struktur kepemimpinan Otorita IKN, langkah-langkah strategis terus diambil untuk memastikan kelancaran proyek. Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono ditunjuk sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Otorita IKN, sementara Wakil Menteri Agraria, Tata Ruang dan Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Raja Juli Antoni ditunjuk sebagai Plt Wakil Kepala Otorita IKN. Penunjukan ini menunjukkan langkah cepat pemerintah dalam mengisi kekosongan kepemimpinan dan memastikan keberlanjutan proyek.

Presiden Jokowi juga menegaskan bahwa pembangunan IKN bukan hanya tentang infrastruktur fisik, tetapi juga mencakup pembangunan manusia. Astra, melalui Yayasan Pendidikan Astra - Michael D. Ruslim, sedang merevitalisasi Sekolah Dasar Negeri 020 Sepaku dan membina 11 sekolah dasar serta 2 sekolah tingkat SMK di kawasan IKN. Langkah ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas pendidikan dan menghasilkan sumber daya manusia yang berkualitas di IKN.

Pembangunan Astra Biz Center dan Nusantara Botanical Garden diharapkan dapat memberikan dampak positif bagi ekonomi dan lingkungan IKN. Dengan konsep desain green building dan fasilitas yang ramah lingkungan, proyek ini akan mendukung IKN sebagai kota hutan lestari dan kota yang layak huni. Selain itu, keterlibatan sektor swasta dalam pembangunan infrastruktur dan fasilitas publik menunjukkan kolaborasi yang kuat antara pemerintah dan sektor swasta dalam mewujudkan visi IKN.

Komitmen pemerintah untuk terus melanjutkan pembangunan IKN, meskipun ada pengunduran diri pejabat tinggi, menegaskan bahwa proyek ini merupakan prioritas nasional yang tidak boleh terhenti. Dukungan dari sektor swasta seperti Astra juga menunjukkan bahwa IKN adalah proyek bersama yang melibatkan berbagai pemangku kepentingan untuk masa depan Indonesia yang lebih baik.

Pembangunan IKN Nusantara terus berjalan dengan lancar, meskipun ada dinamika internal berupa pengunduran diri pejabat tinggi. Peresmian pembangunan Astra Biz Center dan Nusantara Botanical Garden oleh Presiden Joko Widodo menunjukkan bahwa dukungan dari sektor swasta tetap kuat dan berkelanjutan. Pengunduran diri Bambang Susantono dan Dhony Rahajoe tidak menghambat laju pembangunan, karena pemerintah dengan cepat mengambil langkah-langkah strategis untuk memastikan kelancaran proyek. Dengan kolaborasi yang kuat antara pemerintah dan sektor swasta, pembangunan IKN Nusantara akan terus maju menuju realisasi sebagai simbol kemajuan dan keberlanjutan Indonesia.

*Penulis adalah Pengamat Ekonomi

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda