Pembangunan AMN Terus Berlanjut Demi Cetak SDM Berkualitas - Informasi Aceh

Senin, 24 Juni 2024

Pembangunan AMN Terus Berlanjut Demi Cetak SDM Berkualitas

Oleh: Januar Dominicus )*

Perkembangan pembangunan Asrama Mahasiswa Nusantara (AMN) Manado terus mencetak progres secara sangat positif demi kebaikan bangsa dan negara. Pasalnya, di dalam gedung tersebut akan menjadi pusat fasilitas generasi muda untuk terus berkembang.

Hingga saat ini, progres percepatan pembangunan Asrama Mahasiswa Nusantara (AMN) Manado yang Badan Intelijen Negara Republik Indonesia (BIN RI) gencarkan ternyata kini terus mengalami progres yang positif.

Adanya progres positif akan perkembangan pembangunan AMN Manado tentu sangat menggembirakan dan banyak pihak menantikannya. Lantaran nantinya setelah gedung itu resi berdiri, maka akan menjadi salah satu sumbangsih besar BIN dalam kemajuan bangsa.

Mengenai bagaimana perkembangan pembangunan Asrama Mahasiswa Nusantara di Manado tersebut yang terus mencetak progres yang positif, Kepala Sub Direktorat (Kasubdit) Wilayah III Direktorat Prasarana Strategis Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Endra Bekti menjelaskan bahwa pembangunan AMN terus berproses.

Bukan hanya terus mengalami proses yang positif, namun Pemerintah melalui Kementerian PUPR bersama dengan para kontraktor saat ini terus melakukan percepatan pembangunan, utamanya di wilayah Blok A atau Gedung Asrama Putra.

Keberadaan Asrama Mahasiswa Nusantara sendiri merupakan hal yang sangat penting dan mampu memberikan banyak sekali sumbangsih, utamanya dalam peningkatan kualitas pendidikan di Indonesia.

Oleh karenanya, menjadi tidak heran mengapa lembaga pimpinan Jenderal Polisi (Purn) Prof. Dr. Budi Gunawan tersebut benar-benar sangat memperhatikan keberadaan AMN Manado lantaran penting pula dunia pendidikan, yang sebagai salah satu alat demi pengembangan anak bangsa dan juga kehidupan terbaik bagi mereka.

Sudah sepatutnya, seluruh pihak mendukung penuh adanya kemajuan sektor pendidikan di Indonesia melalui penyediaan beragam fasilitas yang memadai. Salah satunya yakni dengan membangun sebuah hunian yang berbasis pada pengembangan karakter anak bangsa, yakni AMN Manado.

Menurut Kepala Balai Prasarana Permukiman Wilayah Sulawesi Utara (BPPW Sulut), Ir. Nurdiana Habibie bahwa pembangunan Asrama Mahasiswa Nusantara di Manado merupakan bentuk tindak lanjut atas direktif Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi), sebagaimana landasan dari Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 106 Tahun 2021.

Untuk ruang lingkupnya sendiri, pembangunan AMN Manado tersebut terdiri dari luas lahan 20 ribu dengan luas bangunan 1595. Lingkup pekerjaannya sendiri terdiri dari tower asrama putra, tower asrama putri, gedung pertemuan, ruang serbaguna, lapangan olahraga, taman, akses jalan hingga area parkir.

Desain dari gedung tersebut telah mengikuti standar teknis bangunan negara, sebagaimana dalam amanat Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 16 Tahun 2021 tentang peraturan pelaksanaan Undang-Undang (UU) Nomor 28 Tahun 2002 tentang bangunan gedung.

Semua fasilitas megah tersebut, BIN berikan tentu hanya demi kepentingan bangsa dan negara, yakni untuk semakin menunjang kualitas pada sektor pendidikan di Tanah Air. Sehingga dengan adanya pembaikan pada dunia pendidikan, maka bukan tidak mungkin menjadikan generasi penerus bangsa juga akan tercetak sebagai anak-anak yang berkualitas dengan daya saing tinggi.

Dampak sangat positif, banyak sekali AMN Manado berikan kepada bangsa dan negara, yakni menurut Direktur Prasarana Strategis Ditjen Cipta Karya Kementerian PUPR, Ir. Essy Asiah bahwa tujuan pembangunan gedung itu memang sebagai wadah untuk mempersatukan para mahasiswa dari berbagai macam suku bangsa, bahasa budaya, agama yang juga berasal dari beragam daerah di Indonesia dan berbagai perguruan tinggi.

Pemerintah berupaya untuk mempersatukan para anak muda bangsa tersebut dengan tujuan atau dalam rangka demi mempersiapkan adanya sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas, berintegritas dan juga memiliki karakter kebangsaan yang kuat.

Berbeda dengan bangunan lainnya, namun Asrama Mahasiswa Nusantara d Manado ini memiliki konsep bangunan green building (bangunan hijau). Lantaran semua bangunan telah mengacu pada konsep tersebut, maka akan menjadikan operasi dan pemeliharaannya akan lebih baik.

Apresiasi sangat tinggi patut menyertai seluruh jajaran dan pihak yang telah mengupayakan dan merealisasikan bagaimana proyek pembangunan AMN Manado, bahkan sampai di titik seperti sekarang ini.

Apabila seluruh elemen lintas sektoral mampu saling bekerja sama, seperti Pemerintah Pusat, Pemerintah Daerah (Pemda) setempat dan juga seluruh pemangku kepentingan lokal, maka akan menjadi pondasi yang kokoh bagi kesuksesan pembangunan gedung itu, yang mana nantinya juga berkorelasi dengan pengembangan generasi muda untuk bangsa.

Akan ada banyak sekali didikan dan juga binaan kepada generasi muda tersebut melalui AMN Manado, lantaran berbagai lembaga dan kementerian terkait akan ikut mengelolanya termasuk Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek).

Sejauh ini, perkembangan pembangunan AMN Manado ternyata terus mengalami dan mencetak progres yang positif. Dengan demikian, maka bukan tidak mungkin bahwa peningkatan kualitas generasi muda penerus bangsa sebentar lagi akan terlaksana dengan optimal lantaran keberadaan gedung tersebut, yang bertujuan untuk kemajuan negara.

)* )* Penulis adalah kontributor Digital Literasi

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda