Mendukung Peran Aktif Masyarakat Wujudkan Pilkada 2024 Damai dan Berintegritas - Informasi Aceh

Jumat, 07 Juni 2024

Mendukung Peran Aktif Masyarakat Wujudkan Pilkada 2024 Damai dan Berintegritas

Oleh : Gita Oktaviani )*

Menjelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak tahun 2024, ada harapan besar bagi masyarakat Indonesia untuk memainkan peran aktif dalam menciptakan suasana yang damai dan berintegritas.

Wakil Presiden Ma'ruf Amin dan Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Sulawesi Tenggara telah menyerukan pentingnya menjaga situasi politik yang kondusif dan aman selama proses demokrasi ini. Ini adalah ajakan bagi kita semua untuk berkontribusi demi kebaikan bersama dan masa depan yang lebih baik.

Wakil Presiden Ma'ruf Amin menegaskan pentingnya menjaga situasi politik yang damai di Papua Selatan menjelang Pilkada 2024. Dalam kunjungannya ke Merauke, beliau mengajak seluruh masyarakat untuk menyukseskan pesta demokrasi ini dengan memilih pemimpin yang berkualitas dan berintegritas.  Ma'ruf Amin menekankan bahwa kedamaian selama Pilkada tidak hanya memberikan kenyamanan bagi masyarakat dalam memilih, tetapi juga memastikan bahwa hasil dari Pilkada tersebut dapat membawa kemajuan bagi daerah yang dipimpin oleh pemimpin baru yang terpilih dengan cara yang jujur dan adil.

Sementara itu, di tengah hiruk-pikuk persiapan Pilkada 2024, Kapolda Sultra Irjen Pol Dwi Irianto menyampaikan pesan penting kepada masyarakat di wilayah Bumi Anoa. Beliau menekankan bahwa perbedaan pilihan dalam Pilkada adalah hal yang lumrah dan tidak seharusnya menjadi pemicu konflik atau perpecahan. Dalam sebuah wawancara di Kendari, Dwi Irianto meminta masyarakat untuk bersama-sama menjaga keamanan kampung halaman mereka, tidak hanya selama Pilkada, tetapi juga sebelum dan sesudahnya. Ini merupakan panggilan bagi semua pihak untuk menjaga kerukunan dan tidak mudah terprovokasi oleh isu-isu yang belum tentu benar, terutama yang beredar di media sosial.

Pernyataan Kapolda ini mencerminkan pentingnya partisipasi aktif masyarakat dalam menjaga situasi kamtibmas (keamanan dan ketertiban masyarakat). Ketika menghadapi permasalahan terkait Pilkada, masyarakat diharapkan dapat menyelesaikannya melalui musyawarah mufakat, sebuah metode tradisional yang sarat dengan nilai-nilai kebersamaan dan saling menghargai. Masyarakat juga diimbau untuk segera melaporkan potensi gangguan kamtibmas kepada pihak kepolisian agar dapat ditindaklanjuti secepat mungkin.

Pemerintah Kota Palangkaraya juga tidak ketinggalan dalam upaya menciptakan Pilkada yang damai dan berintegritas. Asisten Pemerintahan dan Kesra Setda Kota Palangka Raya, Sahdin Hasan, mengajak masyarakat untuk memerangi penyebaran hoaks dan praktik politik uang. Menurut Sahdin, partisipasi aktif masyarakat sangat penting untuk memastikan Pilkada berjalan dengan bersih, jujur, dan adil. Langkah-langkah edukasi dan sosialisasi akan dilakukan untuk meningkatkan pemahaman masyarakat tentang bahaya hoaks dan dampak negatif dari politik uang terhadap proses demokrasi.

Dalam upaya menciptakan Pilkada yang berintegritas, Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) juga berperan penting dengan mengawasi seluruh tahapan Pilkada dan menindak tegas setiap pelanggaran yang terjadi. Kolaborasi antara pemerintah daerah, lembaga penyelenggara pemilu, dan masyarakat diharapkan dapat menciptakan Pilkada yang bersih dari berbagai kecurangan. Sahdin juga meminta masyarakat untuk kritis dalam menyikapi setiap informasi dan melaporkan indikasi penyebaran hoaks atau politik uang kepada pihak berwenang untuk ditindaklanjuti.

Selain itu, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) juga berperan dalam menjaga keamanan dan kedamaian Pilkada 2024 dengan meningkatkan pengawasan terhadap platform digital dan media sosial. Potensi penyebaran informasi yang tidak benar atau menyesatkan (hoaks) bisa mempengaruhi proses Pilkada.  Oleh karena itu, Kominfo memperkuat kerja sama dengan berbagai pihak terkait, termasuk platform media sosial dan penyedia layanan digital, untuk memastikan bahwa konten yang beredar tidak melanggar regulasi dan dapat dipertanggungjawabkan.

Dalam konteks ini, Kominfo telah melakukan kerjasama dengan Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Bawaslu untuk memonitor percakapan di ruang digital selama penyelenggaraan pemilu 2024. Monitoring ini meliputi penanganan isu hoaks, analisis isu percakapan di ruang digital, dan verifikasi akun media sosial. Ini adalah upaya yang komprehensif untuk memastikan bahwa informasi yang beredar selama Pilkada adalah informasi yang benar dan dapat dipercaya. Kemenkominfo juga menyiapkan strategi komunikasi publik untuk mensukseskan Pilkada 2024 melalui amplifikasi narasi Pilkada Damai 2024 di media sosial, sinergi dengan mitra untuk sosialisasi, serta kolaborasi dengan media massa untuk memproduksi informasi positif terkait Pilkada.

Koordinasi dengan lembaga penyiaran publik, lembaga penyiaran swasta, dan Lembaga Kantor Berita Nasional (LKBN) juga dilakukan untuk turut mempublikasikan sosialisasi Pilkada damai 2024.

Semua langkah ini menggambarkan betapa pentingnya peran aktif masyarakat dalam menciptakan Pilkada 2024 yang damai dan berintegritas. Dengan partisipasi dan kepedulian bersama, kita dapat memastikan bahwa proses demokrasi berjalan dengan lancar, menghasilkan pemimpin yang berkualitas, dan membawa kemajuan bagi seluruh daerah di Indonesia.

Suksesnya Pilkada 2024 sangat bergantung pada peran aktif dan kepedulian masyarakat. Melalui kerja sama antara masyarakat, pemerintah, dan berbagai lembaga terkait, kita dapat menciptakan suasana yang damai dan berintegritas selama Pilkada.

Pilkada damai tentu menjadi dambaan bagi semua pihak, sehingga masyarakat perlu untuk turut serta menolak hoaks dan politik uang, serta berpartisipasi aktif dalam setiap tahapan Pilkada. Dengan demikian, kita akan mewujudkan demokrasi yang sehat dan memajukan bangsa. Pilkada damai adalah tanggung jawab kita bersama, dan setiap langkah positif yang kita ambil akan menentukan masa depan yang lebih baik bagi Indonesia.

)* Kontributor Jendela Baca Institute

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda