Generasi Muda Harapkan Dukungan Berbagai Pihak untuk Kesuksesan Pilkada 2024 - Informasi Aceh

Kamis, 20 Juni 2024

Generasi Muda Harapkan Dukungan Berbagai Pihak untuk Kesuksesan Pilkada 2024

Kupang — Generasi muda mengharapkan adanya dukungan dari berbagai pihak lintas sektoral untuk menjamin kesuksesan pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024.

Ketua Umum Pimpinan Wilayah Ikatan Pelajar Muhammadiyah NTT, Tita Nandita Oktaviani menuturkan bahwa dukungan seluruh pihak menjadi sangat penting untuk menyukseskan Pilkada.

“Penyelenggara Pemilu, KPU baik di tingkat Provinsi dan Kabupaten/Kota di seluruh Indonesia juga diharapkan terus berupaya untuk menuntaskan tugas dan amanah yang diberikan untuk menyelesaikan atau menyelenggarakan Pilkada serentak tahun 2024 dengan baik,” katanya.

“Dukungan dari berbagai pihak juga sangat penting untuk mewujudkan suksesnya Pilkada 2024 secara serentak ini,” tambah Tita.

Menurutnya, dengan adanya partisipasi aktif semua pihak, maka bukan tidak mungkin juga akan semakin meningkatkan kesadaran masyarakat luas dalam mengikuti Pilkada 2024.

Tita menambahkan, dengan banyaknya partisipasi aktif masyarakat dalam Pilkada, maka hal tersebut menandakan legitimasi kuat dari para pemimpin yang terpilih.

“Semua pihak, baik dari pemerintah, lembaga swadaya, masyarakat maupun beragam komunitas perlu bersama-sama mendukung Pilkada Serentak tahun 2024 ini dengan memberikan kontribusi positif dalam meningkatkan partisipasi dan kesadaran masyarakat,” tuturnya.

“Sebagaimana pelaksanaan Pemilu 2024 yang partisipasi pemilih mencapai 81%, diharapkan tingkat pertisipasi pemilih pada Pilkada Serentak tahun 2024 dapat lebih meningkat, dan menunjukkan legitimasi kuat dari para pemimpin yang terpilih,” tambahnya.

Membahas mengenai partisipasi aktif masyarakat, Ketum IPM NTT tersebut menjelaskan bahwa ternyata keikutsertaan bukan hanya sebatas pemilihan saja, namun juga melibatkan pengawasan serta pemahaman mendalam.

“Partisipasi masyarakat dalam proses demokrasi tidak hanya sebatas pada pemilihan, tetapi juga melibatkan pengawasan terhadap jalannya proses pemilihan serta pembangunan pemahaman yang mendalam tentang calon pemimpin dan visi misi dari para calon pemimpin,” ujarnnya.

Sementara itu, menurut Mariano Parada selaku Ketua Lembaga Peduli Masyarakat Timor Indonesia, bahwa adanya pemanfaatan media sosial yang bijak juga termasuk salah satu bentuk partisipasi aktif masyarakat dalam Pilkada.

Pasalnya, melalui media sosial, memungkinkan masyarakat untuk melakukan pemantauan secara langsung atas bagaimana berjalannya Pilkada 2024.

Termasuk juga, dengan menggunakan media sosial, masyarakat pun bisa melaporkan jika menjumpai adanya kecurangan.

“Termasuk memungkinkan masyarakat untuk melaporkan kecurangan apabila terjadi,” jelasnya.

Oleh karena itu, menurut Mariano penggunaan media sosial menjadi hal yang penting sebagai salah satu bentuk dukungan nyata untuk menyukseskan Pilkada 2024.

“Karena itu, platform digital ini menjadi sarana atau wadah yang sangat cepat untuk masyarakat bisa mengakses informasi Pemilu, termasuk menjadi sarana untuk masyarakat bisa mengawasi langsung proses pemilihan yang berlangsung,” pungkasnya.

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda