Aparat Keamanan Berkomitmen Cegah Kekejaman OPM Terhadap Masyarakat Papua - Informasi Aceh

Jumat, 07 Juni 2024

Aparat Keamanan Berkomitmen Cegah Kekejaman OPM Terhadap Masyarakat Papua

Oleh: Yohana Kogoya )*

Pengawasan serta pengamanan terus dilakukan oleh aparat keamanan di wilayah Papua, seiring adanya aksi kekerasan yang terus dilakukan oleh Organisasi Papua Merdeka (OPM).  Kesiapsiagaan aparat keamanan menjadi kunci utama dalam menjaga ketertiban dan melindungi masyarakat dari kekejaman kelompok separatis.

Pemerintah terus meningkatkan perhatian dan penjagaan terhadap wilayah Papua, terutama pada daerah Paniai yang kerap menjadi aksi teror oleh kelompok OPM. Pada 22 Mei 2024 lalu telah terjadi pembakaran Gedung Sekolah YPPGI Kepas Kopo dan sederet kios di Jalan Raya Madi yang berdekatan dengan RSUD Painai. Konflik ini mengakibatkan satu warga sipil tewas dan membuat masyarakat semakin cemas.

OPM juga gencar melakukan penyebaran berita bohong (hoax) yang membuat masyarakat cemas. Hal ini dilakukan OPM dalam melancarkan aksinya untuk membakar rumah sakit Pinai. Kepala Penerangan Komando Daerah Militer (Kapendam) XVII/Cendrawasih Letkol Infanteri Candra Kurniawan mengatakan aparat keamanan melakukan penjagaan ketat di wilayah rumah sakit Paniai guna menjaga keamanan dan keselamatan pekerja medis maupun pasien rumah sakit.

Aparat keamanan terus melakukan penjagaan di wilayah rumah sakit. Terkait hal itu, Pimpinan RSUD Paniai Agus Chen mengatakan keberadaan aparat keamanan di rumah sakit merupakan instruksi dari Kementerian Kesehatan dengan Panglima Kodam Cenderawasih. Dengan adanya aparat yang berjaga, pihaknya tetap tenang bahwa pelayanan medis akan tetap berjalan.

Masyarakat terus mendukung upaya pemerintah dan aparat keamanan yang menjadi garda terdepan dalam melindungi keamanan serta menghentikan aksi OPM. Kapen Kogabwilhan III, Kolonel Czi. Gusti Nyoman Suriastawa mengatakan dukungan serta pengertian masyarakat sangat berdampak signifikan pada kelancaran tugas aparat menanggulangi kekejaman OPM.

Masyarakat juga dapat berkontribusi dalam upaya pencegahan dengan meningkatkan literasi informasi sehingga tidak terkecoh dengan berita yang dibuat oleh OPM, serta masyarakat penting terus mendukung aparat keamanan dalam melakukan pengawasan dan penjagaan untuk terhadap upaya OPM untuk menyediakan logistik dan senjata guna melancarkan aksinya.

Tokoh Pemuda Papua juga terus mendukung aparat keamanan dan seluruh masyarakat untuk menjaga Kamtibmas yang aman dan kondusif. Sekjen Barisan Merah Putih RI, Ali Kabiay mengatakan pihaknya mengapresiasi kinerja aparat keamanan yang sudah memberikan rasa aman kepada masyarakat Papua, sehingga semua aktivitas keamanan yang berada di Papua dapat berjalan dengan aman damai dan sejahtera. Selain itu, penting untuk masyarakat terutama generasi muda untuk tidak mudah terprovokasi dengan isu-isu menyesatkan atau isu-isu yang tidak bertanggung jawab dari kelompok-kelompok yang berbeda prinsip kedaulatan dengan NKRI.

Aparat keamanan juga bekerja sama dengan pemerintah daerah dalam upaya memastikan bahwa situasi keamanan tetap terkendali. Salah satu upaya yang dilakukan adalah melalui program-program pemberdayaan masyarakat yang bertujuan meningkatkan kesejahteraan dan memperkuat kohesi sosial. Dengan adanya program-program ini, diharapkan masyarakat dapat lebih mandiri dan tidak mudah terpengaruh oleh propaganda yang disebarkan oleh kelompok separatis.

Stabilitas di Papua memerlukan pendekatan yang komprehensif, melibatkan berbagai aspek seperti keamanan, ekonomi, dan sosial. Pemerintah pusat dan daerah perlu berkolaborasi untuk menciptakan kebijakan yang mendukung pembangunan berkelanjutan di wilayah ini. Selain itu, pendidikan dan peningkatan kesadaran masyarakat mengenai pentingnya menjaga persatuan dan kesatuan bangsa juga menjadi faktor kunci dalam menciptakan lingkungan yang damai dan harmonis.

Pendekatan yang komprehensif dan penegakan hukum yang kuat terhadap OPM sangat diperlukan dalam menangani konflik Papua. Selain tindakan tegas dari aparat keamanan, pemerintah juga terus memperhatikan aspek-aspek sosial, ekonomi, dan politik yang mendasari konflik tersebut. Meningkatkan kesejahteraan dan pemberdayaan masyarakat Papua, serta memperbaiki hubungan antara pemerintah pusat dan masyarakat lokal, menjadi kunci untuk mencapai perdamaian jangka panjang di Papua, upaya ini dilakukan dengan memperkuat kehadiran keamanan di wilayah yang rentan.

Dukungan dari semua pihak sangat diperlukan untuk memastikan stabilitas dan ketenangan di wilayah tersebut. Pemerintah dan aparat perlu terus berkoordinasi dan bekerja sama dengan masyarakat untuk menciptakan lingkungan yang aman dan kondusif bagi semua pihak. Diharapkan Papua dapat mencapai kedamaian dan kesejahteraan yang berkelanjutan.

Keberadaan aparat keamanan yang siap dan sigap dalam menghadapi ancaman dapat meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap pemerintah. Kepercayaan ini penting untuk memastikan kerjasama antara masyarakat dan aparat dalam menjaga keamanan lingkungan mereka.

Dengan adanya kesiapsiagaan yang baik, aparat keamanan dapat merespons cepat setiap ancaman dan memberikan perlindungan yang maksimal kepada masyarakat, dimana hal ini menjadi elemen krusial dalam upaya mencegah kekejaman OPM terhadap masyarakat. Dengan kerjasama antar lembaga, pendekatan yang komprehensif, merupakan upaya aparat keamanan dalam melindungi masyarakat dan menjaga stabilitas keamanan dan kedamaian di wilayah Papua.

)* Penulis adalah Mahasiswa Papua Tinggal di Manado

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda