Dukung Pemuda dalam Promosi Keberagaman Budaya, BIN Inisiasi Pembangunan AMN Manado - Informasi Aceh

Kamis, 23 Mei 2024

Dukung Pemuda dalam Promosi Keberagaman Budaya, BIN Inisiasi Pembangunan AMN Manado

Oleh: Angeline Mawuntu

Badan Intelijen Negara Republik Indonesia (BIN RI) menginisiasi pembangunan Asrama Mahasiswa Nusantara (AMN) Manado dalam rangka mendukung penuh para pemuda penerus generasi bangsa dalam mempromosikan keberagaman budaya di Tanah Air.

Hal tersebut sejalan dengan awal mula terbentuknya Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), yang mana seluruhnya memang berawal dari keberagaman sangat luar biasa dari masyarakatnya yang memiliki beragam latar belakang saling berbeda, mulai dari perbedaan suku, agama, ras, budaya, bahasa dan sebagainya.

Namun meski saling berbeda, nyatanya masyarakat di Indonesia tetap bisa bersatu padu dalam bingkai NKRI dan juga menjunjung tinggi semboyan Bhinneka Tunggal Ika sehingga negeri ini berhasil untuk meraih kemerdekaannya serta mengusir para penjajah pada jaman kemerdekaan dulu.

Semangat untuk saling bersatu padu meski di tengah adanya perbedaan yang sangat luar biasa tersebut harus terus terbawa dan tertanamkan pada diri para pemuda selaku penerus generasi bangsa.

Maka dari itu, BIN berupaya untuk terus mempromosikan keberagaman budaya, salah satunya adalah melalui realisasi pembangunan AMN, yang mana sebelumnya telah mengalami sukses besar di Kota Pahlawan Surabaya. Kemudian kini pembangunan gedung yang sama terus berlanjut di wilayah lain seperti Manado dan nantinya akan terus bertambah banyak di berbagai lokasi menyebar di Indonesia.

Mengenai bagaimana peran sangat penting kaum muda untuk menjaga keberagaman budaya di Indonesia, Direktur Pembinaan Tenaga dan Lembaga Kebudayaan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) Restu Gunawan mengatakan bahwa sejatinya para pemuda memiliki potensi yang sangat besar dalam peranan untuk menjaga keragaman budaya.

Kaum muda di Indonesia memang memiliki potensi untuk semakin mempecepat proses pemajuan kebudayaan Tanah Air, kemudian di sisi lain juga terus menjaga keragaman akan perbedaan budaya tersebut.

Keberadaan AMN Manado sebenarnya menjadi salah satu program untuk melakukan inkubasi ide seluruh kaum muda dalam rangka menjalin gotong royong akan pemajuan kebudayaan melalui banyak bidang, seperti ilmu pengetahuan, teknologi dan juga seni.

Dalam hal ini, lembaga pimpinan Jenderal Polisi (Purn) Prof. Dr. Budi Gunawan, yakni BIN benar-benar hadir dan mewujudkan bagaimana bentuk kontribusi nyatanya untuk mendukung penuh eksistensi para pemuda dan pelajar atau mahasiswa dalam mewujudkan ruang yang sangat konkret untuk terjalinnya interaksi antarbudaya berdasarkan keragaman budaya di Indonesia.

Keikutsertaan para mahasiswa dalam program AMN Manado merupakan hal yang sangat penting, karena mampu memberikan tambahan wawasan kepada para generasi muda tersebut untuk menjadi sosok individu yang terus memegang teguh adanya prinsip toleransi dalam keberagaman, yang mana sikap itu sangat krusial di Indonesia yang memiliki keberagaman sangat luar biasa.

Tidak tanggung-tanggung, bahkan Asrama Mahasiswa Nusantara tersebut sebenarnya menjadi salah satu pilar yang sangat penting dalam mempertahankan dan juga memajukan budaya di Tanah Air, melalui partisipasi aktif para generasi penerus bangsa.

Para mahasiswa yang menghuni AMN Manado tentunya terus membawa semangat inovasi, kreativitas dan juga energi yang sangat membantu untuk memastikan terwujudnya pemajuan kebudayaan sehingga menjadi tetap relevan dan berdaya tahan di masa depan.

Tidak heran, mengapa Gubernur Provinsi Sulawesi Utara (Sulut), Prof. Dr. (HC) Olly Dondokambey melalui Sekretaris Provinsi (Sekprov) Steve Kepel memiliki harapan yang sangat besar pada keberadaan AMN di Manado tersebut karena bukan hanya menjadi tempat tinggal saja, namun juga sekaligus sebagai laboratorium sosial, intelektual dan kewirausahaan.

Lebih lanjut, bahkan dalam pengadaan AMN Manado memiliki tujuan untuk tidak hanya mampu mencetak para mahasiswa dari kalangan pemuda selaku penerus generasi bangsa yang cerdas saja dalam bidang akademik, namun juga menjadi tonggak keberhasilan dalam perjalanan pendidikan di daerah Sulawesi Utara.

Di mana letak adanya promosi akan keberagaman budaya kepada para pemuda tersebut? Dalam gedung yang berdiri di atas dana hibah seluas 5 hektare ini, akan terisi oleh para mahasiswa dari berbagai daerah bahkan dari ujung Timur serta Barat Indonesia seperti di Papua hingga Aceh.

Para mahasiswa tersebut juga tentunya memiliki beragam sekali latar belakang, mulai dari bermacam suku, agama, ras dan budaya sehingga tatkala mereka semua tinggal dalam satu atap yang sama, maka akan terjadi harmoni kehidupan yang terbebas dari ancaman paham radikalisme dan juga separatisme.

Upaya untuk mendukung penuh para pemuda penerus generasi bangsa agar saling mampu mempromosikan keberagaman budaya antara satu dengan yang lain, terwujud dari langkah nyata BIN dalam menginisiasi pembangunan AMN Manado yang juga di dalamnya akan banyak sekali mendatangkan manfaat secara positif bagi kehidupan berbangsa dan bernegara para anak muda.

Mahasiswa Ekonomi dan Bisnis Universitas Sam Ratulangi (Unsrat)

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda