Panglima TNI Kunjungi Labuan Bajo Pastikan Kesiapan KTT ASEAN - Informasi Aceh

Kamis, 20 April 2023

Panglima TNI Kunjungi Labuan Bajo Pastikan Kesiapan KTT ASEAN

Oleh : Clara Diah Wulandari )*

Labuan Bajo dipastikan sudah siap untuk menerima kedatangan para tamu delegasi negara-negara kawasan yang turut menghadiri gelaran KTT ASEAN Summit 2023 di Indonesia. Mulai dari sarana dan prasarana, fasilitas hingga sektor keamanan pun seluruhnya sudah siap untuk mendukung kesuksesan penyelenggaraan acara.

Panglima Tentara Nasional Indonesia (TNI), Laksamana TNI Yudo Margono melakukan kunjungan kerja ke Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT) untuk meninjau sejumlah persiapan dan juga memastikan seluruh kesiapan menjelang pelaksanaan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN 2023. Panglima melakukan peninjauan pada beberapa tempat yang akan menjadi lokasi kegiatan event internasional pada tanggal 9 hingga 11 Mei 2023 mendatang.

Pejabat Pengganti Sementara (Pgs) Kepala Penerangan Korem 161 / Wira Sakti, Mayor Inf. Arwan Minarta menerangkan, bukan hanya sekedar melakukan pengecekan kesiapan pada sejumlah fasilitas di daerah Labuan Bajo, Panglima TNI beserta rombongan juga melakukan pengecekan pada sejumlah tempat yang akan menjadi prioritas pengamanan pada saat pertemuan KTT ASEAN.

Peninjauan langsung dan pengecekan tersebut ditujukan untuk bisa benar-benar menjamin kesiapan Indonesia selaku tuan rumah, termasuk juga menjamin keamanan di Tanah Air agar para delegasi bisa berkegiatan di Labuan Bajo dengan rasa aman dan nyaman serta pelaksanaan KTT ASEAN Summit 2023 sama sekali tidak mengalami kendala yang tidak diinginkan.

Sementara itu, upaya untuk memastikan bahwa memang Indonesia, khususnya Labuan Bajo telah siap untuk menyambut seluruh tamu delegasi dan sangat siap dalam menjalankan event internasional dengan baik juga dilakukan oleh Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif / Wakil Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Wamenparekraf / Wakabaparekraf), Angela Tanoesoedibjo.

Peninjauan tersebut dilakukan di Bandara Internasional Komodo, kawasan Marina dan Waterfront di Kampung Ujung, Meruorah Komodo Labuan Bajo Resort dan Creative Hub Labuan Bajo di Puncak Waringin, Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) di Kantor Bupati Manggarai Barat, Lapangan Dinas Cipta Karya, SDA, dan Tata Ruang Kabupaten Manggarai Barat, serta kawasan Golo Mori.

Selain meninjau kesiapan infrastruktur di Labuan Bajo bersama Wakil Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) II Kartika Wirjoatmodjo, Angela juga ikut serta dalam rapat koordinasi persiapan KTT ASEAN di Meruorah Komodo Labuan Bajo Resort.

Angela menyatakan bahwa Kemenparekraf sudah sangat siap untuk mendukung penuh seluruh pelaksanaan KTT ASEAN Summit 2023 pada bulan Mei mendatang dengan menghadirkan banyak sekali event pesta rakyat dan juga tentunya terus melibatkan para pelaku UMKM setempat.

Dalam hal ini, jelas sekali Pemerintah Republik Indonesia (RI) sangat menginginkan agar seluruh elemen masyarakat di Labuan Bajo bisa dilibatkan dalam setiap kegiatan yang diselenggarakan. Pemerintah juga berkomitmen untuk bisa menghadirkan serangkaian side event yang tidak hanya akan dinikmati oleh para delegasi negara kawasan saja, namun juga bisa dinikmati secara bersama dan mendatangkan kebermanfaat secara luas bagi masyarakat lokal.

Adanya keterlibatan secara aktif dari masyarakat merupakan sebuah hal yang sangat penting untuk bisa turut mensukseskan kelancaran KTT ASEAN Summit 2023 di Labuan Bajo, utamanya dalam hal mampu mempromosikan berbagai macam produk UMKM dari warga lokal.

Pelibatan pelaku UMKM setempat diharapkan bisa menggerakkan perekonomian masyarakat di Labuan Bajo. Dengan adanya pelibatan secara aktif dari para pelaku UMKM di Labuan Bajo sendiri, maka tentunya seluruh masyarakat akan bisa merasakan bagaimana dampak positif atas pelaksanaan event yang diketuai oleh Indonesia tersebut.

Di sisi lain, Direktur Badan Pelaksana Otorita Labuan Bajo Flores (BPOLBF), Shana Fathina, menambahkan, event-event pendukung tersebut rencananya akan dilaksanakan pada 7-11 Mei dengan melibatkan seniman-seniman setempat. Shana berharap event-event ini bisa memberikan pengalaman berwisata di Labuan Bajo kepada pengunjung yang datang serta menyebarkan informasi tentang ASEAN kepada masyarakat.

Diketahui pula bahwa pada saat ini, Bandara Komodo di Labuan Bajo, NTT sudah siap untuk melayani penerbangan dari dan juga ke luar negeri untuk kelancaran pergerakan para pemimpin negara dan juga seluruh peserta selama penyelenggaraan KTT ke-42 itu.

Kesiapan tersebut ditetapkan melalui Keputusan Menteri Perhubungan Nomor KM 33 Tahun 2023. Penetapan itu berlaku mulai 2-18 Mei 2023 dan Direktur Jenderal (Dirjen) Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan (Kemenhub) bertugas melakukan pengawasan.

Seluruh delegasi tamu dari negara-negara kawasan yang menghadiri KTT ASEAN Summit 2023 di Labuan Bajo tidak perlu khawatir karena seluruh kesiapan sarana dan prasarana, fasilitas hingga keamanan di wilayah tersebut sudah dipastikan siap untuk menerima dan mendukung kesuksesan gelaran event internasional yang diketuai oleh Indonesia tersebut.

)* Penulis adalah kontributor Ruang Baca Nusantara

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda